Senin, 25 Agustus 2008

Mengetahui Kode BAN kendaraan Anda


CARA BACA DIMENSI BAN


Dimensi ban biasanya dinyatakan dalam bentuk : "205 / 55 / ZR16", Keterangan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

· 205 : Lebar telapak ban (mm)
· 55 : Aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban
· Z : Kode limit kecepatan
· R16 : Diameter velg (inch)

Kode limit kecepatan :

· S <> 240km/jam.

Untuk ban Jeep biasanya dipakai kode Amerika, seperti : "33 x 12.5 R15", Keterangan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

· 33 : Tinggi keseluruhan / diameter ban (inch)
· 12.5 : Lebar telapak ban (inch)
· R15 : Diameter velg (inch)


Load Index dan Speed Symbol pada Ban

KODE PRODUKSI PADA BAN

Gambar1. X2001 artinya ban tersebut dibuat pada MINGGU ke-20, TAHUN 2001

Gambar2. CJJ5101 artinya ban tersebut dibuat pada MINGGU ke-51, TAHUN 2001

Yang perlu diketahui adalah kode waktu produksi karena hal ini paling penting daripada kualitas keamanan ban. Ban akan expired (kedaluwarsa) dalam waktu tiga tahun setelah ban tersebut dibuat. Bagaimana cara memabaca kode waktu produksi ini. Untuk membaca adalah sebagai berikut:
Kode produksi dicetak pada sa satu sisi ban lihat gambar 1 & 2, dengan marking unik mirip peneng. Setiap pabrik ban memiliki jumlah digit tersendiri untuk kode tersebut, ada 5 digit, ada pula yang 7 digit. Tetapi 4 DIGIT dari belakang adalah standard international yang menunjukkan MINGGU (WEEK) dan TAHUN (YEAR) ban tersebut dibuat

Nah jika ketika anda membeli ban baru tetapi toko menyodorkan ban yang sudah kedaluwarsa ... sebaiknya Anda bisa menolaknya kecuali memang Anda sudah mengetahuinya tetapi tetap ingin membeli dengan alasan harga yang lebih murah dan bukan karena faktor keselamatan. Memakai ban expired berarti terancam pecah ban di jalan yang berarti dapat mengancam keselamatan jiwa. Sebaiknya waktu pemakaian pun tidak lewat dari masa expired tersebut. Idealnya 2 tahun ban diganti total. Memang sebuah dilema ketika kita mau aman tetapi cost yang harus dibayar untuk itu terlalu mahal. Semuanya itu berpulang pada Anda karena pilihan ada ditangan Anda, tulisan di atas adalah untuk kondisi ideal.....entah kapan kita bisa menerapkan idealisme penggunaan Ban pada kendaraan kita sebagaimana yang direkomendasikan oleh produsen Ban demi ( keselamatan ? ) tanpa harus mengorbankan pengeluaran belanja sehari-hari yang semakin sulit.

Tidak ada komentar: